INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT



Data Makro 2015 2016 2017 2018 2019 2020 2021 2022 2023 2024
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Baik Baik Baik Baik Baik Baik Sangat Baik
Data Penunjang 2015 2016 2017 2018 2019 2020 2021 2022 2023 2024
9 (Sembilan) Unsur pertanyaan kepuasan masyarakat :
1. Persyaratan (U1) 3.00 3.70
2. Prosedur (U2) 3.16 3.67
3. Jangka Waktu (U3) 3.56 3.63
4. Tarif (U4) 3.76 3.97
5. Produk (U5) 3.32 3.70
6. Kompetensi (U6) 3.60 3.77
7. Perilaku (U7) 3.32 3.57
8. Pengaduan (U8) 3.32 3.53
9. Sarana & Prasarana (U9) 3.36 3.47

Penjelasan Data :
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survey IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan.